by

Terima PWI Sulut Award 2022, James Sumendap Siap Fasilitasi Wartawan Jadi Profesional

Mitra – Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH MH, menjadi satu dari 10 tokoh penerima PWI Sulut Award 2022. Hal ini menyusul sinergitas yang terbangun sangat baik antara dirinya dengan Wartawan yang melakukan peliputan di wilayah kerjanya.

Penghargaan ini diserahkan langsung Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Utara (Sulut) Drs Voucke Lontaan, Senin (21/02) siang, kepada James Sumendap, di ruang kerjanya di Kantor Bupati Mitra, di Ratahan.

‘”Kami PWI bukan memata-matai, tetapi fakta di lapangan semenjak James Sumendap menjabat Bupati Kabupaten Minahasa Tenggara, banyak yang diperbuat untuk keberadaan wartawan di wilayah kerjanya, membangun dan mensejahterakan masyarakat Minahasa Tenggara. Untuk itu, beliau sangat pantas diberikan PWI Sulut Award,” kata Lontaan.

Bupati Sumendap usai menerima PWI Award 2022 ini pun mengaku bangga dan berterima kasih karena ternyata selama ini PWI Sulut telah memperhatikan dirinya dan memberi penilaian atas dirinya.

Dia pun berjanji akan terus mendukung dan membantu keberadaan para wartawan di Kabupaten Mitra, antara lain dengan meningkatkan profesionalisme Wartawan dalam menjalankan tugas sehari-harinya melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

“UKW itu sangat penting bagi Wartawan agar dia mampu menjalankan tugasnya secara profesional. Karena itu, dalam waktu dekat saya akan mensponsori kegiatan UKW bagi Wartawan di Kabupaten Mitra yang belum UKW,” ujar mantan Anggota DPRD Sulut ini.

Bupati yang terkenal regas dan bertindak apa adanya ini pun mengisahkan pengalamannya dengan Insan Pers, dimana dirinya pun tampak selalu bersikap sangat tegas namun peduli dengan wartawan yang meliput di Kabupaten Mitra.

“Sebelum menjadi Bupati, saya sudak bersinergi dengan para Wartawan, baik dalam organisasi kepemudaan dan terbuka kepada setiap teman-teman Wartawan. Karena itu, saya ingin Wartawan itu profesional dalam menjalankan, tugas sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik. Itulah tujuan saya menginginkan semua Wartawan di Mitra bisa ikut UKW dan saya akan membiayainya,’’ tandasnya.

Sebelumnya, James Sumendap juga telah memotivasi wartawan di Kabupaten Mitra mengikuti UKW, dan sebanyak empat kelas telah disponsorinya, yang dilaksanakan di Lamet, Desa Rasi, dengan penguji dari PWI Pusat.

“Sekali lagi, UKW ini sangat penting bagi profesi seorang Wartawan. Sebab, bisa saja mengaku wartawan tapi menulis saja tidak tahu, nah di UKW inilah diuji apakah benar-benar wartawan atau tidak,’’ tandasnya lagi.

Sementara, pemberian PWI Sulut Award 2022 ini juga disaksikan Wakil Bupati Mitra Jesaja Jocke Oscar Legi, Sekretaris Daerah Mitra David Lalandos, Wakil Ketua PWI Sulut Fernando Lumanauw, Jimmy Endey dan Donald Kuhon, serta Sekreteris Merson Simbolon SE MSi, Wakil Sekretaris Fanny Waworundeng dan Bendahara PWI Sulut DR Pdt Margaretha Feybe Lumanauw, juga Ketua PWI Kabupaten Mitra Indri Rambi dan beberapa Anggota PWI Kabupaten Mitra.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed