by

Sertijab Pengawasan Bank dari BI Kepada OJK di Manado

 

Serah terima pengawasan bank di Sulut
Serah terima pengawasan bank di Sulut

 

 

Manado- Serah terima jabatan (Sertijab) pengawasan bank dari Bank Indonesia (BI) kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Kepala OJK Sulut,Gorontalo dan Malut, Dwi Suharyanto mengatakan ini merupakan momentum penting dan bersejarah bagi kita semua, karena sejak tanggal 1/1 2014 OJK telah beroperasi penuh dalam penyelenggaraan sistem pengaturan dan pengawasan seluruh kegiatan sektor jasa keuangan.

“Beralihnya fungsi, tugas dan wewenang pengaturan dan pengawasan perbankan ke OJK telah melalui proses persiapan yang memperoleh dukungan BI,” kata Dwi dalam acara serah terima pengalihan fungsi pengawasan bank ke OJK, Selasa (31/12) di KBI Manado.

Katanya, industri perbankan saat ini berada dalam kondisi baik.”Kondisi ini akan diupayakan untuk dipertahankan bahkan lebih ditingkatkan oleh OJK di masa yang akan datang,” katanya.

Kepala BI Perwakilan Sulut, Luctor Tapiheru mengatakan untuk membawa sistem keuangan yang lebih baik. “Kami memandang sistem perijinan, pengaturan dan pengawasan mikroprudential bank yang selama ini sudah dibangun dan diakui oleh dunia internasional harus tetap berjalan dengan optimal dan efektif di OJK,” jelasnya.

Katanya, BI akan senantiasa menjaga komunikasi, kerjasama, koordinasi dan kolaborasi sinergi dengan OJK. “Dengan otoritas dan lembaga lainnya di sektor keuangan, agar stabilitas sistem keuangan tetap dapat terjaga dan terpelihara serta memberikan kontribusi yang optimal pada perekonomian Indonesia,” jelaskan.

Gubernur Sulut, SH Sarundajang mengatakan pengalihan pengawasan bank dari BI ke OJK menjadi tonggak bersejarah untuk mewujudkan fondasi sistem keuangan yang kuat. “Dengan tersedianya sebuah sistem keuangan yang kuat, kita akan semakin mengemuka dan bertambah tinggi intensitasnya ke depan,” katanya.

Ditambahkannya, atas nama pemerintah Sulut menyampaikan sukses dan apresiasi kepada jajaran BI yang selalu berinovasi untuk kemajuan daerah Sulut. “Pengalihan fungsi ini diharapkan dapat memperkuat fondasi sektor keuangan yang semakin kuat dan siap menghadapi tantangan globalisasi yang merupakan langkah yang terus kita upayakan,” pungkasnya.(Nancy)

Comment

Leave a Reply

News Feed