by

Walikota Manado : Jembatan Soekarno Penunjang Percepatan Pembangunan Ekonomi Manado

Walikota Manado, GS Vicky Lumentut disela-sela peresmian Jembatan Soekarno mendapat sambutan hangat dari warganya.
Walikota Manado, GS Vicky Lumentut disela-sela peresmian Jembatan Soekarno mendapat sambutan hangat dari warganya.

Manado – Walikota Manado, GS Vicky Lumentut bersama seluruh jajaran pemerintah dan masyarakat Kota Manado mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang berkenan mengunjungi Kota Manado bersama Ibu Negara, Iriana Joko Widodo.

Walikota juga tak lupa mengucapkan terimakasihnya kepada Menteri KoordinatorPembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, yang pada Kamis (28/05/2015)
telah meresmikan Jembatan Soekarno, didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perindustrian Saleh Husin, anggota DPR RI utusanSulut Olly Dondokambey dan Vanda  Sarundajang, serta anggota DPD RI utusan Sulut Fabian Sarundajang, Gubernur Sulut SH Sarundajang, Wakil Gubernur Djouhari Kansil, Ketua DPRD Provinsi Sulut Steven Kandouw, dan jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

Walikota Manado, GS Vicky Lumentut bersama warganya di jembatan Soekarno.
Walikota Manado, GS Vicky Lumentut bersama warganya di jembatan Soekarno.

“Saya berterimakasih atas kunjungan Pak Presiden dan Ibu Negara, serta peresmian jembatan Soekarno. Sebagaimana kita tahu, sudah sangat lama jembatan ini ditunggu masyarakat. Selain menghubungkan di bagian Utara Kota Manado, bagi kami sangat strategis untuk mengurai kemacetan yang sangat tinggi di Kota Manado. Selain itu dengan diresmikan jembatan ini akan menjadi pemicu upaya kita menata di bagian kawasan Pasar Bersehati untuk menyatu dengan jembatan agar bisa menarik gerbong ekonomi kota menjadi lebih baik,” kata suami tercinta dari Juleyta Paula Runtuwene ini.

Dijelaskan Lumentut, ada pertemuan beberapa kegiatan selain jembatan, ada kegiatan dari kementerian perhubungan, yaitu pelabuhan, tapi juga ada kegiatan rakyat, ada pasar tradisional, tapi juga tempat berangkat dan kembali orang yang berwisata ke Pulau Bunaken, Manado Tua, dan Siladen.

“Karena itu di sini sangat strategis, ke depan kita akan lanjutkan apa yang disampaikan Ibu Menko tadi, agar Pemkot Manado bisa menata lagi menjadi kawasan yang semakin mendorong percepatan pembangunan ekonomi di Kota, secara khusus pariwisata dan pelabuhan,” ucapnya.

Lanjutnya, Pemkot Manado akan merencanakan, selain sungai Tondano yang dikembangkan lebih baik, termaksud untuk melakukan pengerukan. Sehingga benar-benar sungai bisa menyatu dengan jembatan terutama kebersihan dan keindahannya, agar menarik bagi turis.

“Saya juga sudah sampaikan ke Menteri PU untuk kiranya jalan selepas jembatan Soekarno ini menuju ke Ringroad agar bisa dilanjutkan. Kita masih punya PR lebih kurang 6 Km menyambung dari sini ke Ringroad 2. Ketika tersambung, semakin mendorong pembangunan di bagian Utara semakin meningkat”.

“Dari darat ini kita ke bandara sangat dekat, dan saya yakin kita tidak akan terganggu dengan kemacetan kalau jalur jalan dari jembatan ini kita lanjutkan. Pak Menteri sudah memberikan lampu hijau. Pemkot diharapkan membantu penyediaan tanahnya, dan fisiknya akan dibangun oleh kementerian. Terkait dengan penataan jalur lalu lintas, Saya sudah mendapatkan hasil kajian desain jalur angkutan kota yang baru. Setelah dibuka ini, kita akan sosialisasikan rute yang baru di kota, sehingga masyarakat bisa mengikuti pelaksanaan jalur angkutan kota yang baru,” jelas Walikota Manado ini.(jenglen)

Comment

Leave a Reply

News Feed