by

Jalur Penerbangan Baru Asia Pasifik Segera Dibuka di Manado

Jakarta – Menteri Perhubungan (Menhub) RI, EE Mangindaan, Walikota Manado GS Vicky Lumentut, Sekretaris Provinsi Sulut Ir Rahmat Mokodongan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pemprov Sulut JE Kenap bersama CEO dan Presiden Direktur Lion Air Rusdi Kirana membahas rencana pembukaan jalur penerbangan baru  Kawasan Asia Pasifik.


Malah pembahasan jalur penerbangan baru yakni Hongkong-Guangzao-Jepang ke Manado dan Manado ke Bali-Australia dilakukan di Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Jakarta Pusat, Kamis 23 Mei 2013.


Dalam pembahasan tersebut, Mangindaan mengatakan, telah disepakati rencana pembukaan jalur baru dari kawasan Asia Pasifik menuju Bali dan Australia melalui Manado antara CEO dan Presiden Direktur Lion Air dengan Kepala Daerah di Sulut.


“Jalur baru akan dibuka dari Cina, Jepang langsung ke Manado dan tidak perlu ke Singapura atau pun Jakarta lagi,” ujarnya.


Dalam pembicaraan tersebut, Mangindaan manambahkan, Lion Air akan membuka pusat perawatan pesawatnya di Bandara Samratulangi Manado. Tentunya ini akan membuka peluang pekerjaan baru bagi masyarakat di Sulut.


Usai rapat, Sekprov Sulut Ir Rahmat Mokodongan mengutarakan, dalam pembicaraan dengan Menhub dan Direktur Lion Air telah disepakati usulan-usulan baru yang telah dicarakan sebelumnya dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).


 “Menhub akan segera mengutus tim mengecek kesiapan dilapangan sehingga realisasi tahun ini bisa terlaksanan,” kata Mokodongan.


Sementara Walikota Manado Vicky Lumentut menjelaskan, masyarakat Manado siap menyambut program Kemenhub dengan jalur baru yang akan dibuka di Sulut, sementara rencana pembangunan infrastrukturnya sepenuhnya diserahkan kepada Kemenhub.


”Maskapai penerbangan Lion Air akan membuka pusat perawatan pesawat di Manado dan jalur penerbangan baru ke dan melalui Manado. Tentu ini akan menambah peluang pekerjaan baru bagi warga Manado dan Kabupaten/Kota lainnya,” ucapnya.


Ia minta ke Menhub, untuk segera mengkonkritkan jalur penerbangan yang ada di dalam negeri seperti, Manado-Bali dan Manado ke provinsi lain, juga jalur penerbangan luar negeri seperti, Manado-Davao dan Cebu, Manado-Australia. Menhub pun bersama Direktur Lion Air menyetujui permintaan Walikota Manado tersebut.


Disisi lain, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Herry Bakti menyatakan, Manado akan dijadikan Hub ke-6 di kawasan Indonesia Timur. Rencana ini tentunya untuk menarik para wisatawan dari jalur penerbangan daerah Utara ke Indonesia bisa langsung ke Manado-Bali-Australia dengan satu jalur lurus.


“Kalau ada Airlines yang tertarik akan segera kita beri ijin. Dan dalam waktu dekat untuk kesiapan-kesiapan Hub-nya, Kemenhub akan memberikan dukungan sepenuhnya,” tuturnya.

Comment

Leave a Reply

News Feed