by

Aklamasi, Yoseph Ikanubun Terpilih Ketua AJI Manado Periode 2015 – 2018

Ikanubun dan Lumowa terpilih aklamasi dalam Konferensi Kota (Konferta) AJI Manado 2015 di Hotel Toutemboan Manado, Sabtu (21/03/2015).
Ikanubun dan Lumowa terpilih aklamasi dalam Konferensi Kota (Konferta) AJI Manado 2015 di Hotel Toutemboan Manado, Sabtu (21/03/2015).
Manado – Setelah melalui proses pemilihan Konferta Aliansi Jurnalis Independent (AJI) Manado, dengan mencalonkan tiga kandidat masing – masing, Fransiskus Talokon-Donny Turang dan Syarif Ai Litty-Simon Making dan Yoseph Ikanubun – Fernando Lumowa, akhirnya terpilih Ketua dan Sekertaris baru periode 2015 – 2018. Ikanubun dan di Hotel Tountemboan Manado, Sabtu (21/03/2015).

Ketua, Yoseph Ikanubun dan Sekertaris terpilih secara Aklamasi setelah dua kandidat lain mengundurkan diri sebagai calon.

Pimpinan sidang Fransiskus Talokon, Donny Turang dan Otnie Tamod langsung menetapkan Ikanubun dan Lumowa sebagai nahkoda AJI Manado hingga tiga tahun kedepan.

“Kepada ketua dan sekretaris terpilih diberikan waktu satu minggu untuk konsolidasi menetapkan susunan personalia Pengurus AJI Manado 2015-2015,” jelas Talokon.

Ikanubun berterima kasih atas kepercayaan anggota AJI. Didampingi Lumowa, Ikanubun menyatakan, tantangan AJI kedepan sangat besar dalam hal menegaskan independensi media. “AJI berkomitmen menjadikan profesi jurnalis tetap independen, profesional dan beretika,” jelasnya.

Tantangan lainnya, AJI berupaya agar jurnalis memiliki kompetensi standar serta mendapatkan hak untuk sejahtera. Persoalan yang kerap dihadapi dewasa ini ialah banyak media yang melakukan rekrutmen wartawan secara instan tanpa membekalinya dengan keterampilan serta pemahaman kode etik jurnalistik.

“Tak bisa dipungkiri, masih banyak pelanggaran kode etik yang terjadi. Itu tantangan AJI dan kita berupaya agar itu tak terjadi,” jelas Ikanubun.

Sementara itu, sekertaris baru Fernando Lumowa memaparkan, dirinya akan melanjutkan program sekertaris yang lama, dimana program mengedepankan etika jurnalistik yang diutamakan.

“AJI harus maju, apalagi kalau bicara etika dalam memahami seorang pekerja pers. Saya akan mendampingi ketua untuk eksis dalam membentuk karakter seseorang menjadi wartawan, dimana AJI selalu mengedepankan idealis,”ungkapnya.(Ai)

Comment

Leave a Reply

News Feed