by

Konferta AJI Manado Diawali Seminar Lingkungan Hidup

Manado- Kepengurusan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado Periode 2012 – 2015 akan berakhir dalam waktu dekat ini. Terkait itu melalui panitia yang ada, sementara dipersiapkan Konferensi Kota (Konferta) AJI Manado untuk memilih kepengurusan baru Periode 2015 – 2018. Rangkaian kegiatan Konferta ini akan dilaksanakan, Sabtu (21/03) di Hotel Tountemboan Manado ini, akan diawali dengan seminar lingkungan hidup.

“Untuk Konferta sudah dipastikan pelaksanaannya pada 21 Maret 2015 mendatang bertempat di Hotel Tountemboan Manado. Sebelum pelaksanaan Konferta, akan diawali dengan seminar tentang lingkungan hidup,” ungkap Ketua Panitia Pelaksana, Agustinus Hari didampingi Sekretaris Fernando Lumowa.

Lanjut Hari, seminar lingkungan hidup ini nantinya akan menghadirkan beberapa pembicara baik dari kalangan kampus, jurnalis, serta sharing pengalaman bagaimana mengelola lingkungan hidup sebagai bagian dari tanggungjawab social perusahaan oleh PT Tirta Investama (Aqua) Airmadidi.

“Manfaat bagi jurnalis adalah bagaimana dia memahami isu-isu lingkungan, sekaligus melihat bagaimana sebenarnya peran perusahaan-perusahaan yang terkait erat dengan lingkungan, dalam melakukan upaya konservasi sumberdaya alam itu sendiri. Dari situ ia akan mampu membuat perencanaan liputan dan karya jurnalistik yang berperspektif lingkungan,” papar Hari dan Lumowa.

Setelah seminar itu, lanjut keduanya, akan diteruskan dengan agenda Konferta sebagaimana yang telah disusun oleh Panitia Pengarah dibawah pimpinan Fransiskus Talokon, Nolfie Tamod, dan Donny Turang.

Sementara itu, Ketua AJI Manado Yoseph E Ikanubun mengatakan, agenda Konferta merupakan forum pengambilan keputusan tertinggi di tingkat AJI Kota dimana akan dilakukan evaluasi kepengurusan sebelumnya, sekaligus memilih pengurus yang baru.

“Perjalanan panjang selama tiga tahun akan dievaluasi sejauh mana AJI mampu mengambil peran dalam mewarnai kehidupan pers di Sulawesi Utara, memastikan peran pers itu berjalan dengan baik. Kita juga akan memilih pengurus baru untuk tiga tahun selanjutnya. Tentu diharapkan kehadiran seluruh anggota dalam forum ini,” papar Ikanubun didampingi Sekretaris AJI Manado, Ishak Kusrant.(***)

Comment

Leave a Reply

News Feed