by

Dinkes Sulut Bagikan Tujuh Ribu Masker

Manado – Lokon sebagai salah satu gunung berapi paling aktif di daerah ini, sejak Sabtu (13/9) pukul 03:00 Wita, kembali melakukan erupsi. Dengan memuntahkan debu vulkanik setinggi 500 meter dari kawah Tompaluan, dan hingga sore harinnya sebanyak tiga kali.

Walaupun erupsi kali tidak membuat masyarakat sampai mengungsi, namun Pemerintah Provinsi Sulut melalui Kadis Kesehatan dr Grace L Punuh MKes langsung mengambil langkah antisipatif terhadap warga yang terkena debu vulkanik.

Menurut Punuh tim Dinkes Sulut sejak Sabtu pagi telah menyebarkan 7000 masker secara gratis ke wilayah-wilyah yang terkena lontaran debu vulkanik seperti Desa Sea, Perumahan Cehate dan Perumahan Wen-Win, termasuk Sekolah dan warga penduduk lainnya. “Bantuan masker ini juga telah diberikan kepada warga Minanga dan sebagian wilayah Tomohon dan Minahasa,” kata Punuh.

Lanjutnya, bantuan masker tersebut diberkan guna mengantisipasi dampak debu vulkanik yang bisa menimbulkan penyakit ISPA bagi masyarakat. “Pembagian masker kepada masyarakat ini sudah kami laporkan kepada Gubernur Sulut Dr Sinyo Harry Sarundajang dan Wagub Dr Djouhari Kansil MPd,” jelas Punuh.

Gubernur Sarundajang mengimbau warga yang berada di sekitar gunung lokon untuk tetap wapada, masyarakat juga dilarang melakukan aktifitas terutama para pencinta alam yang ingin mendaki gunung tersebut. Karena status gunung lokon hingga kini masih berada di level III. Selain itu Masyarakat yang melakukan aktivitas di luar rumah diharapkan supaya menggunakan masker.

Comment

Leave a Reply

News Feed