by

DPRD Minahasa Gelar Rapat Paripurna Tutup Buka Masa Persidangan

Minahasa – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa, menggelar Rapat Paripurna Penutupan Masa Persidangan Ketiga dan Pembukaan Masa Persidangan Pertama Tahun 2023, bertempat di ruang rapat Kantor DPRD, Senin (04/09) sore.

Rapat Paripurna dipimpin Ketua DPRD Minahasa, Glady P E Kandouw SE, didampingi Wakil Denny Kalangi, serta Sekretaris Dra Ria Suwarno MSi, dan dihadiri Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi, Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi,l MM MAP, Sekretaris Daerah Minahasa Dr Lynda D Watania MM MSi, serta segenap Anggota DPRD Minahasa, para pejabat di jajaran Pemkab Minahasa, dan Forkopimda Minahasa.

Rapat Paripurna yang dirangkaikan dengan Pembicaraan Tingkat I Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) mengenai Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah dan penyampaian rancangan perubahan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Angggaran Sementara (KUA-PPAS) Kabupaten Minahasa T/A 2023 ini, diramaikan dengan sejumlah intrupsi dari anggota yang hadir.

Sementara, Bupati ROR dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang tulus kepada Pimpinan dan Anggota DPRD, atas dukungan selama ini. Dimana eksekutif dan legislatif telah bersama-sama saling memberikan dukungan dan kontribusi sesuai dengan kewenangannya, mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, pengendalian hingga kepada evaluasi.

Bupati kemudian menyampaikan uraian tentang hal-hal yang melatarbelakangi perubahan KUA-PPAS, sesuai Pasal 161 PP no 21 Tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah, dimana menurutnya, perubahan APBD dapat dilakukan apabila terjadi perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi kebijakan umum.

“Keadaan ini yang menyebabkan harus dilakukan pergeseran anggaran antar unit organisasi, antar kegiatan, dan antar jenis belanja serta keadaan yang menyebabkan Silpa Tahun anggaran sebelumnya l, harus digunakan dalam tahun berjalan serta keadaan darurat atau keadaan luar biasa,” ujar Bupati.

Dalam uraiannya, ROR juga menjelaskan secara umum rencana perubahan KUA-PPAS Tahun 2023 dari pendapatan daerah yang dianggarkan sampai pada pendapat dan penyertaan modal daerah serta pembayaran cicilan pokok utang yang jatuh tempo.

“Perlu kami informasikan juga, ada dua penghargaan yang baru saja diterima Kabupaten Minahasa , yakni penghargaan Kabupaten Layak Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, dan TPID Award Terbaik antar Kabupaten Kota Se-Sulawesi, yang diserahkan langsung oleh Presiden RI.

“Harapan saya semoga rancangan perubahan KUA-PPAS Kabupaten Minahasa tahun anggaran 2023 ini dapat dibahas dan disepakati,” pungkasnya.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed