by

Lepas Peserta Jamnas Pramuka Sulit, Wagub : Kalian Kader Pemimpin Masa Depan

Manado – Jambore Nasional (Jamnas) Pramuka merupakan salah satu kegiatan kepramukaan yang menjadi ajang pertemuan Pramuka Penggalang.


Sehingga menjadi Peserta atau bagian dari Jamnas, selain tentunya menjadi kebanggaan, akan tetapi keikutsertaan tersebut dipandang sebagai kualifikasi ‘terbaik’ sebagai duta-duta kepanduan yang ada di Sulut yang muncul di pentas nasional.

“Yang pasti adik-adik telah menjadi kader-kader calon pemimpin bangsa kelak. Berkaitan dengan itu, Saya atas nama Pak Gubernur Olly Dondokambey mengajak kita semua, terutama adik-adik untuk memanfaatkan kegiatan Jamnas ini,” ungkap Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw saat melepas Kontingen Daerah Gerakan Pramuka Sulut yang akan mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) XI Tahun 2022 bertempat di Ruang Mapalus Kantor Gubernur, Rabu (10/08/2022).

Untuk itulah Wagub Kandouw mengajak peserta Jamnas sebanyak 264 orang itu agar memperluas wawasan mereka, meningkatkan kreativitas, harus proaktif, berupaya inovatif, percaya diri, jaga jiwa kepemimpinan, tegas terpercaya, sehingga betul-betul mampu merepresentasikan ciri khas generasi muda harapan bangsa.

Selaku Wakil Ketua Majelis Pertimbangan Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Sulut, Wagub Kandouw berharap agar para peserta mampu menunjukkan identitas sebagai putra-putri Bumi Nyiur Melambai, yang tentu saja boleh bersaing di tingkat nasional, dan dapat menjadi kebanggaan masyarakat Sulut.

Ia mengapresiasi para peserta Jamnas XI Tahun 2022 yang akan mulai mengikuti berbagai kegiatan Kepramukaan di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta pada tanggal 14 hingga 21 Agustus 2022 nanti.

“Diiringi rasa bangga, Saya salut kepada adik-adik sekalian. Suatu kesempatan yang luar biasa buat adik-adik, karena kegiatan ini hanya 5 tahun sekali,” ujar Wagub Kandouw.

Menurut dia, tidak semua anak-anak bangsa di republik ini yang boleh menikmati status sebagai peserta Jamnas.

“Itupun hanya sebagian kecil saja, kalau umurnya pas. Jadi menjadi suatu hal yang luar biasa, suatu hal yang akan menjadi rekam jejak adik-adik,” ujar Wagub Kandouw.

Wagub Kandouw mengimbau kepada para pembina maupun peserta Jamnas untuk boleh mengikuti seluruh kegiatan yang nantinya akan diselenggarakan, dengan harapan dapat terus menjaga kesehatan di tengah ancaman Covid-19.

“Tetap disiplin, jaga terus kekompakan dan kebersamaan. Kwarda Sulut bekerjasama dengan pendamping dari kabupaten/kota, Saya minta bukan day by day, tapi minute by minute, untuk memonitor anak-anak,” tutupnya.

Pelepasan kontingen Pramuka ini dihadiri Asisten III Setdaprov Sulut Asiano Gamy Kawatu SE, MSi, para pejabat lainnya di lingkungan Pemprov Sulut dan jajaran Pengurus Kwarda Gerakan Pramuka Sulut.

Comment

Leave a Reply

News Feed