by

Pemkot Tomohon Gelar Rakor Penyusunan LPPD

Tomohon – Pemkot Tomohon menggelar Rapat Koordinasi Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Kota Tomohon diselenggarakan di Aula Lantai 3 Kantor Walikota Tomohon, Senin (27/02/2017). Rapat Koordinasi ini dihadiri dan dibuka oleh Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan.

Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan dalam sambutannya mengatakan bahwa untuk terwujudnya pelaksanaan otonomi daerah sejalan dengan upaya menciptakan pemerintahan yang bersih, bertanggung jawab serta mampu menjawab tuntutan perubahan secara efektif dan efisien sesuai dengan prinsip tata pemerintahan yang baik, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, Kepala Daerah mempunyai kewajiban memberikan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) kepada pemerintah, Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) kepada DPRD dan Informasi LPPD kepada masyarakat.

Informasi LPPD dimaksudkan untuk digunakan pemerintah sebagai dasar melakukan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) dan sebagai bahan pembinaan lebih lanjut sesuai dengan peraturan Perundang-Undangan. Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah merupakan salah satu bahan evaluasi untuk keperluan pembinaan terhadap pemerintah daerah.

Wakil Walikota Tomohon mengharapkan kepada semua peserta agar mengikuti rapat koordinasi ini dengan penuh rasa tanggung jawab sehingga dapat memahami dan mengerti pentingnya Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yang juga merupakan indikator untuk memperoleh penilaian predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Tomohon Ibu Syske Wongkar, S.Pd., dalam laporannya menjelaskan bahwa maksud dan tujuan Rapat Koordinasi Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Kota Tomohon ini untuk memberikan pemahaman yang baik dan benar tentang pentingnya LPPD. Pentingnya komitmen SKPD dan keakuratan data yang diminta dalam pengisian Indikator Kinerja Kunci (IKK) LPPD.

Rapat koordinasi ini juga dihadiri oleh narasumber dari Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretariat Daerah Propinsi Sulawesi Utara Danni Tamara, SSTP. Kasubag Evaluasi Kinerja dan Pengembangan Kapasitas Daerah, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. Harold V. Lolowang, M.Sc., Asisten Bidang Perekonomian Ronni Lumowa, S.Sos. M.Si., Asisten Bidang Umum Novi Politon, SE. serta para peserta masing-masing kepala SKPD bersama penyusun/pengelola LPPD tiap SKPD. (Mar)

Comment

Leave a Reply

News Feed