by

Pemkot Tomohon Raih Penghargaan Peningkatan PAD 2020 ke 2021 dari Kemendagri RI

Tomohon – Keberhasilan Kota Tomohon dalam menata keuangan, menjadikan bukti, pemerintah kota tomohon mampu mengolahnya dengan baik. Salah satunya adalah pengelolaan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Akan hal ini, Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk SH Menerima Penghargaan, Terbaik Kedua Pemerintah Daerah dengan Peningkatan Pendapatan Asli Daerah ( PAD ) tahun 2020 ke 2021 untuk Kategori Kota, dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI pada Kamis (02/06/2022).

Dihadiri Menteri Dalam Negeri H. Tito Karnavian, Direktur Jendral Bina Keuangan Daerah Kemendagri Agus Fathoni, Direktur Utama PT. Taspen A.N.S Kosasih dan Kepala Daerah Gubernur, Kabupaten/Kota, serta unsur terkait dan undangan yang hadir, Bertempat di Hotel Bidakara Jakarta Selatan.

Kegiatan ini, dilaksanakan dalam rangka Pelaksanaan Pembinaan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah serta Peningkatan Kualitas Belanja Daerah dan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Keuangan Daerah Tahun 2022. dengan tema “Percepatan Realisasi APBD dan Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri serta penganugerahan Realisasi APBD Tahun 2022”.

Adapun kegiatan penerimaan penganugeragan ini, terdapat 4 kategori penghargaan, yaitu Relaisasi Pendapatan Daerah Tertinggi, Realisasi Belanja Daerah Tertinggi, Realisasi Peningkatan PAD Tertinggi dan Program Taspen (Taspen Award), Untuk setiap kategori diberikan masing-masing kepada 5 pemerintah Provinsi, 5 Pemerintah Kabupaten dan 5 Pemerintah Kota.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam sambutanya mengataka, jika uang merupakan darahnya sebuah organisasi sehingga organisasi tidak akan berjalan jika tidak ada uang, namu demikian uang yang dimiliki harus direalisasikan dengan baik dari tahap perencanaan, penyaluran dan pertanggungjawabannya sehingga organisasi bisa berjalan secara berkesinambungan dan baik.

Melalui penghargaan ini, Kota Tomohon mendapat penghargaan Terbaik Kedua Pemerintah Daerah dengan Peningkatan PAD Tertinggi Tahun 2020 ke 2021 yang diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri, menurut data LAporan Realisasi Anggaran (LRA) tahun 2020 Rp. 37,07 Miliyar meningkat tahun 2021 Rp. 59,7 miliyar peningkatan sebesar 60%, dimana realisasi Pajak Daerah tahun 2020 Rp. 21,06 miliyar meningkat menjadi Rp. 25,48 miliyar di tahun 2021 adanya peningkatan sebesar 20,96 %, dan Retribusi Daerah tahun 2020 diangka Rp. 7,7 miliyar terjadi peningkatan yang fantastis di tahun 2021 Rp. 29,73 miliyar dengan 282 %.

Sementara itu, usai menerima penghargaan Walikota Tomohon menyampaikan, melalui penghargaan ini, tentunya merasa senang dan berterima kasih kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atas kerjasama kita semua sehingga patut berbangga atas penghargaan ini.

“Penghargaan ini harusnya mampu mendorong kita untuk dapat meningkatkan PAD di tahun -tahun selanjutnya. Terlebih saat ini dengan kondisi Pandemi COVID-19 yang sudah melandai sehingga Kondisi Ekonomi mulai membaik, sektor pariwisata kembali berangsur pulih dari efek pandemi maka PAD harusnya dapat meningkat”, ujar Walikota Tomohon.

Saat menerima penghargaan ini, turut mendampingi Walikota Caroll Senduk, yakni Kepala Badan Keuangan Daerah Drs Gerardus E Mogi dan Kepala Bidang Akuntansi Cristofel S Manangka. (advetorial/mar).

Comment

Leave a Reply

News Feed