by

Pjs Gubernur Sulut Agus Fatoni Laksanakan Tugas Sesuai Amanat Presiden Jokowi

Pjs Gubernur Sulut Agus Fatoni menghadiri Rapat Koordinasi bersama Pemangku Kepentingan Pencegahan, Pengawasan, dan Penindakan Protokol Kesehatan Covid-19 pada Pilkada Tahun 2020 di Manado, Selasa (27/10/2020).(Foto: ist)

Manado – Sejak hadir menjalankan roda pemerintahan di Provinsi Sulawesi Utara, point-point penting yang diamanatkan dalam tugas dan wewenang Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur telah dilakukan dalam berbagai bentuk kegiatan, termasuk di dalamnya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dan mampu memfasilitasi penyelenggaraan Pemilukada, dan menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), sekaligus menjaga tidak terjadinya cluster baru pilkada.

Untuk mewujudkannya, dalam setiap kesempatan ketika ada audiensi dengan berbagai pihak, menghadiri rapat secara virtual atau acara ceremoni, termasuk kunjungan kerja (kunker) di kabupaten/kota dan kegiatan keagamaan lainnya, pasti di sela-sela kegiatan Pjs Gubernur Sulut Fatoni menyosialisasikan secara masif penyelenggaraan Pilkada dan penerapan protokol Covid-19.

Pjs Gubernur juga bertemu langsung dengan masyarakat sambil membagi masker dan memberi imbauan serta ajakan untuk menggunakan hak pilih, menyukseskan Pilkada dengan suasana yang kondusif aman, damai dan lancar.

Pjs Gubernur Sulut Dr Drs Agus Fatoni MSi dalam pertemuan dengan jajaran Dinas Pendidikan belum lama ini.(Foto: ist)

Saat kunjungan kerja di Kotamobagu serangkaian dengan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, ia menyampaikan bahwa di tengah situasi pandemi Covid saat ini, sesuai data bahwa di Sulut masih ada masyarakat yang tidak percaya dengan adanya Covid dan juga ada yang percaya bahwa dirinya tidak akan tertular Covid dan juga belum tahu kapan Covid ini akan berakhir. “Ini yang perlu kita tangani bersama. Mari kita bersama-sama menyosialisasikan dan mengedukasi kepada masyarakat untuk taat dengan protokol kesehatan dengan menerapkan 3M+1 menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan dalam memutus mata rantai penularan Covid,” ajaknya.

Menurutnya, disamping tugas untuk memutus penularan Covid ini, aktivitas ekonomi, aktivitas sosial dan aktivitas keagamaan tetap harus dilaksanakan dengan menggunakan protokol kesehatan secara ketat. “Dalam kehidupan new normal atau kebiasaan yang baru, mau tidak mau kita harus tetap menyesuaikan dan disiplin pada Protokol Covid,” tandasnya.

Terkait penggunaan masker, Pjs Gubernur Fatoni mengatakan bahwa dalam waktu dekat ini, Pemprov Sulut bersama Forkopimda dan pemerintah kabupaten/kota akan melaunching Gerakan Sulut Bermasker (GSB).

Kunjungan kerja DPD RI ke Sulut disambut Pjs Gubernur Sulut Dr Drs Agus Fatoni MSi, dalam pertemuan dengan protokol kesehatan.(Foto: ist)

Pjs Gubernur Sulut Dr Drs Agus Fatoni MSi mengikuti rapat dalam rangka meningkatkan sinergitas kerja dan persiapan pelaksanaan Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020 bersama jajaran Forkopimda di ruang kerja gubernur, Selasa (27/10/2020).(Foto: ist)

Hal ini sejalan dengan imbauan Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) yang juga telah menyarankan penggunaan masker saat berada di luar rumah untuk mencegah penularan Covid.

Gerakan ini dimaksudkan agar penerapan protokol kesehatan bisa dilaksanakan oleh masyarakat khususnya dalam bermasker. “Masker itu bukan hanya dibagi tapi diterima dan digunakan agar bisa jadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari,” terangnya.

Diketahui, sebelumnya dalam perjalanan menuju Kotamobagu, Fatoni membagi-bagikan masker kepada masyarakat di sepanjang jalan Kalasey. Begitu juga pada kesempatan lainnya, Pjs Gubernur Sulut terus menggencarkan Gerakan Sulut Bermasker dengan langsung menemui masyarakat dan menyalurkan masker kepada sejumlah warga di sejumlah titik di Kota Manado yang dimulai dari Komo hingga Kairagi.

Pjs Gubernur Sulut Dr Drs Agus Fatoni MSi memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di Kota Kotamobagu.(Foto: ist)

Tambah dia, protokol kesehatan juga harus diterapkan pada masa pilkada serentak. “Jadikan moment Pilkada ini dalam rangka menurunkan Covid-19. Kepada paslon juga untuk door to door membagikan alat pelindung diri (APD) kepada masyarakat. Dengan ini akan dapat membantu menurunkan penularan Covid-19,” sambungnya.

Pjs Gubernur Sulut Dr Drs Agus Fatoni MSi memberikan masker saat bertemu seorang warga.(Foto: ist)

Bahkan kepada para bupati dan walikota, ia mengimbau untuk menyampaikan kepada pasangan calon di pilkada di daerah agar menjadikan moment Pilkada ini untuk menekan penularan Covid-19 di masyarakat.

Kunjungan kerja Pjs Gubernur Sulut Dr Drs Agus Fatoni MSi dan jajaran Forkopimda di Kabupaten Minut disambut Pjs Bupati Minut Clay Dondokambey SSTP MAP.(Foto: ist)

Ia mengajak seluruh masyarakat untuk dapat berpartisipasi dalam menyukseskan pilkada serentak yang berlangsung pada 9 Desember 2020. “Mari kita semua ikut berpartisipasi dan menggunakan hak pilih kita dengan sebaik-baiknya dalam rangka menyukseskan Pilkada dan tetap menjaga suasana yang kondusif, aman, damai dan tenteram,” imbaunya. (Advetorial)

Comment

Leave a Reply

News Feed