Polres Minahasa Terapkan Perpanjangan SIM A dan C Secara Online

Minahasa – Polres Minahasa mulai menerapkan sistem online untuk perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) A dan C bagi pengemudi kendaraan bermotor. Hal ini menyusul di-launching-nya program tersebut oleh Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisan Negara Repoblik Indonesia (Polri), Selasa (13/04).

Kapolres Minahasa AKBP Henzly Moningkey SIK MSi kepada wartawan mengatakan, perpanjangan SIM secara online ini adalah salah satu program dalam Presisi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dimana untuk hal ini dapat menggunakan aplikasi Digital Korlantas yang bisa didownload melalui aplikasi Play Store pada android.

“Setelah dilaunching, Polres Minahasa langsung menerapkan hal tersebut melalui aplikasi SINAR atau SIM Nasional Presisi. Perpanjangan SIM secara online ini tentu akan mempermudah masyarakat dalam melakukan perpanjangan SIM A dan C, dengan tinggal mendownload aplikasi Digital Korlantas melalui Play Store di Android kita,” terang Moningkey.

Namun demikian, ditegaskan Moningkey, layanan secara online ini hanya berlaku perpanjangan SIM A bagi pengemudi kendaraan bermotor roda empat dan C untuk pengendara kendaraan bermotor roda dua, dan bukan untuk pengurusan SIM A maupun C baru.

“Jadi, yang dilayani dalam sistem online ini hanya untuk mereka yang akan melakukan perpanjangan, sedangan untuk SIM baru, tetap harus mengurus secara manual,” ujarnya.

Sementara, Kepala Satlantas Polres Minahasa AKP Yulfa Irawati SIK, untuk teknis perpanjangan SIM secara online menerangkan bahwa, setelah melakukan pengajuan melalui aplikasi, ada proses verifikasi data terlebih dahulu yang akan dilakukan petugas, yang artinya tidak serta merta langsung keluar SIM termaksud.

“Meski perpanjangan dilakukan secara online, tetap ada tes yang akan dilakukan oleh petugas melalui virtual,” ujarnya.

Demikian halnya dengan verfikasi data pada SIM lama maupun KTP pemohon. Menurut Yulfa, bila didapati ada ketidakcocokan dalam data, maka akan secara otomatis ditolak.

“Dalam proses perpanjangan SIM secara online ini, tetap dilakukan verifikasi data. Apabila datanya sesuai antara KTP dan SIM lama, maka proses akan berlanjut hingga SIM nya keluar,” pungkasnya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply