Tinangon: Punya Hak Pilih Tapi Tak Terdaftar Silakan Hubungi PPS

Minahasa – Bagi warga Kabupaten Minahasa yang telah memenuhi syarat untuk memberikan hak suara dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sulut tahun 2015, namun belum masuk dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS), yang dirilis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa, diminta segera menghubungi Panitia Pemilihan Suara (PPS) di masing-masing Desa dan Kelurahan.

Demikian dikatakan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa, Meidy Y Tinangon SSi MSi, kepada Cybersulutnews.co.id, Kamis (10/09) sore.

Menurutnya, sejak hari ini (Kamis, red), KPU Minahasa melalui PPS di 270 Desa dan Kelurahan di Kabupaten Minahasa, telah mengumumkan DPS untuk Pilgub Sulut 2015, yang ditempelkan di papan pengumuman Desa dan Kelurahan yang ada.

“Pengumuman tersebut sudah dilakukan secara tertulis dengan menempel DPS di papan pengumuman disetiap kantor Desa dan Kelurahan atau di tempat yang mudah diakses oleh masyarakat. Bila ada warga yang merasa diri sudah memenuhi syarat dan memiliki hak suara namun tidak masuk DPS, kami harap segera menghubungi PPS setempat,” terang Tinangon.

“Bagi masyarakat yang ingin memberikan tanggapan terkait pengumuman DPS ini dipersilahkan menghubungi PPS setempat,” tambah Kepala Divisi Program dan Data KPU Minahasa, Lord A Malonda SPd, sembari menambahkan bila nantinya PPS akan memberikan formulir tanggapan kepada masyarakat untuk diisi jenis tanggapan terhadap DPS.

“Tanggapan tersebut bisa hanya perbaikan kesalahan penulisan data hingga penambahan nama pemilih yang memenuhi syarat tapi belum terdaftar, dengan melampirkan identitas kependudukan seperti KTP atau KK atau Keterangan Domisili,” ujarnya.

Sementara, terpantau di Desa Sendangan Kecamatan Kawangkoan, PPS mulai membacakan nama-nama pemilih yang terdaftar dalam DPS. Hal ini dimaksud untuk mendapatkan tanggapan masyarakat.(fernando lumanauw)

Leave a Reply