by

Wagub Kandouw Buka Sidang MPL dan Konsultasi BIPRA SAG Sulutteng di Kawangkoan

Minahasa – Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven O E Kandouw, membuka secara resmi pelaksanaan Sidang Majelis Pekerja Lengkap (MPL) dan Konsultasi BIPRA Sinode Am Gereja Gereja (SAG) Sulawesi Utara Tengah dan Gorontalo (Sulutteng) di KGPM Sentrum Kawangkoan, Selasa (05/04) pagi.

Pembukaan yang ditandai pemukulan Tetengkoren ini, diawali dengan Ibadah Pembukaan dipimpin Sekum Persatuan Gereja Indonesia Pdt Jacky Manuputti MA, yang kemudian dengan laporan kegiatan oleh Ketua Umum Panitia Dr Ir Royke O Roring MSi, yang adalah Bupati Minahasa.

Dalam laporannya, Bupati ROR mengatakan bahwa, kegiatan MPL dan Konsultasi BIPRA ini diikuti oleh 13 SAG Sulutteng, yang dipusatkan di Gedung Gereja KGPM Sentrum Kawangkoan, sedangkan untuk Konsultasi BIPRA dilaksanakan disejumlah gereja yang ada di bendar Kawangkoan.

“Ada 13 Gereja anggota Sinode Am yang mengikuti kegiatan ini. Kami berharap Sidang MPL dan Konsultasi BIPRA yang digelar selama dua hari hingga besok ini dapat berlangsung dengan lancar dan sukses,” ujar Roring.

Sementara, Wagub Steven Kandouw mengatakan, kegiatan ini merupakan momentum untuk instrospeksi, evaluasi. Apalagi kegiatan ini digelar di KGPM, yang adalah gereja nasionalis, yang menjadi tempat beribadah Tokoh bangsa B W Lapian dan Dr Sam Ratulangi.

“Saya mengajak kita semua memperluas aspek-aspek religi. Sebab dengan begitu, maka jemaat kita akan kaya atas pengetahuan tentang aspek religi,” ujar Kandouw.

Wagub lalu menyinggung soal keberhasilan Sulut dalam mengatasi pandemi COVID-19, dimana menurutnya ini menunjukkan kerja keras pemerintah. Namun demikian, di satu sisi dirinya mengingatkan bahwa Sulut masih menghadapi penyakit-penyakit lainya yakni penyakit masyarakat seperti narkoba.

“Gereja harus menjadi garda terdepan dalam mengatasi penyakit masyarakat. Gereja saya analogikan sebagai rantai dan jangkar untuk menjaga keutuhan gereja,” tegasnya.

Wagub juga menegaskan kepada gereja agar menghindari sikap eksklusif, yang bisa menjerumuskan gereja pada persoalan yang menyebabkan kehancuran. Kata dia, gereja harus mampu bersikap dan mengatasi pergumulan yang datang silih berganti.

“Selamat bersidang MPL dan Konsultasi BIPRA Sinode Am. Tuhan kiranya menolong dan memberkati kita semua,” pungkasnya.

Selanjutnya, dia lalu membuka secara resmi kegiatan ini dengan pemukulan Tetengkoren, didampingi Forkompimda Sulut diantaranya, Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno, ada juga Anggota DPR-RI Vanda Sarundajang, serta Ketua Panitia.(advetorial)

Comment

Leave a Reply

News Feed