by

Baru 42 Desa di Minahasa Yang Rampung Penyusunan APBDes 2023

Minahasa – Hingga memasuki pertengahan bulan Maret 2023, baru 42 desa dari 227 desa tersebar di 25 kecamatan di Kabupaten Minahasa, yang rampung menyusun Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) tahun 2023, dan sudah memasukkan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Hal ini diungkap Kepala Dinas PMD Minanasa, Drs Arthur Palilingan, Rabu (15/03). Sehingga menurutnya, baru 42 desa ini yang akan disertakan dalam launching Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) tahun 2023 ini, yang nantinya akan dilaksanakan di tempat wisata Camp James, Desa Sinuian Kecamatan Remboken, yang rencananya pekan depan.

“Yang sudah memasukkan laporan pertanggung jawaban ada 94 desa, namun yang akan di-launching nanti 42 desa, sebab baru 42 desa ini yang sudah lengkap atau sudah rampung menyusun APBDes 2023, dan sedah dimasukkan ke Dinas PMD,” terang Palilingan.

Dengan demikian, lanjut Palilingan, pasca launching, 42 desa sudah bisa langsung mengusulkan pencairan DD dan ADD tahap satu tahun 2023.

“42 desa ini sudah mengusulkan pencairan dan akan segera dicairkan. Kami tetap mengingatkan kepada desa-desa yang belum memasukan laporan pertanggung jawaban dan APBDes 2023, agar segera memasukan ke Dinas PMD, dan kami masih beri kesempatan hingga pekan depan,” tandasnya.

Disisi lain, Palilingan mengakui bahwa, penyusunan APBDes 2023 oleh masing-masing desa mengalami sedikit keterlambatan dikarenakan terkendala pada evaluasi desain draf atau estimasi penganggaran pada proyek fisik di masing-masing desa.

“Desain draf setiap desa akan di evaluasi Dinas PUPR, sehingga mereka harus menyelesaikan penganggaran proyek atau menghitung satuan harga semua kegiatan sepanjang tahun 2023, yang nantinya di susun dalam APBDes,” pungkasnya.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed