Liando Kembalikan Rp 2,3 M Uang Korupsi RSJ Ratumbuisang Manado

Liando saat menyerahkan keuangan Negara didamping Penasehat Hukumnya Kepada Penyidik Kejati Sulut.

Manado, cybersulutnews- Keberanian tersangka DL alias Liando, mengembalikan keuangan Negara sebanyak Rp. 2,3 Milliar patut di apresiasi.

Namun, itikad baik tersebut ikut membuka keterangan baru. Liando diketahui paling banyak menikmati uang korupsi pada proyek pembangunan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof.V.L Ratumbuisang.

Hal itu dapat terhitung dari hasil Audit Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Utara (Sulut). Dimana, kerugian Negara dalam perkara ini berjumlah Rp. 3,3 M. Dan, menyisakan Rp 1 M yang kini masih tengah dikejar Korps Adhiyaksa Sulut.

Namun menurut penjelasan Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Yonni E Malaka, semuanya hal tersebut akan terungkap di Persidangan.

“Kita tunggu semua dipersidangan, Kerugiannya pasti akan terungkap,” jelas Mallaka lewat Via Telephone.

Liando selaku direktur PT. Liando Benton sebagai kontraktor pelaksana, ditemani kuasa hukumnya sudah menyerahkan kepada penyidik uang kerugiannya yang diserahkan dalam pecahan seratus ribu.

Dalam perkara ini, Kejati Sulut telah menetapkan dan melakukan penahanan terhadap tiga orang tersangka, yakni JT alias Jermina selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), VJ alias Vanda sebagai Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), dan David yang merupakan pelaksana pekerjaan.

Diberitakan sebelumnya, Tim Jaksa Penyidik Kejati Sulut yang diketuai Jaksa Bobby Ruswin SH MH, telah menyerahkan tiga tersangka dan barang bukti ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Manado, Jumat (12/01) lalu. (Marend)

Leave a Reply