by

Partisipasi Pemilih Pada Pilpres 2014 Menurun Dibanding Pilcaleg

Ketua KPU Minahasa, Meidy Y Tinangon SSi MSi
Ketua KPU Minahasa, Meidy Y Tinangon SSi MSi

Minahasa – Tingkat pertisipasi pemilih pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) Tahun 2014 di Kabupaten Minahasa, menurun drastis bila dibandingkan dengan Pemilihan Calon Legislatif (Pileg) 2014, 9 April lalu.

Pada Pileg lalu, tingkat partisipasi pemilih mencapai 79 persen, sementara untuk Pilpres hanya mencapai 72 persen.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara (Sulut), Yessy Momongan STh, kepada sejumlah wartawan usai menghadiri rapat pleno rekapitulasi surat suara Pilpres 2014 di kantor KPU Minahasa, Rabu (16/07) mengatakan, pihaknya akan melakukan evaluasi terkait menurunnya angka partisipasi pemilih yang terjadi di Minahasa ini.

“Kami akan melakukan evaluasi terkait menurunnya angka partisipasi pemilih di Pilpres ini, yang mencapai 7 persen dari Pileg sebelumnya. Ini perlu kajian khusus mengapa terjadi penurunan, apakah soal sosialisasi yang dinilai masih kurang sehingga volumenya harus ditingkat, itu perlu kajian lagi,” ujar Momongan.

Sementara, Ketua KPU Minahasa, Meidy Y Tinangon SSi MSi, terkait hal ini juga mengatakan, pihaknya akan melakukan evaluasi lagi.

“Memang partisipasi pemilih pada Pilpres ini lebih rendah dibanding Pileg. Padahal, kami sudah meningkatkan sosialisasi, terkait hal ini kami akan mengavaluasi lagi. Kedepan untuk Pilgub 2015, akan dilakukan perbaikan daftar pemilih,” terang Tinangon.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed