by

Peringati HUT TNI ke-73, Kodim 1302 Minahasa Gelar Upacara

Minahasa – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-73, Komandi Distrik Militer (Kodim) 1302 Minahasa, menggelar upacara bertempat di halaman Makodim, Jumat (05/10) pagi.

Upacara dengan Inspektur yakni Komandan Kodim 1302 Minahasa Letkol Infantri Jubert Nixon Purnama STh ini, turut dihadiri Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi, Sekretaris Daerah Minahasa Jeffry Robby Korengkeng SH MSi, Kapolres Minahasa Selatan AKBP FX Winardi Prabowo SIK, Kapolres Kota Tomohon AKBP I Ketut Agus Kusmayadi SIK, Kepala Kejaksaan Minahasa Rahmad Budiman Taufani SH MKn, Kepala Kejaksaan Tomohon Edy Winarko SH MH, Kepala Bank BRI Cabang Tondano, Kepala Bank Mandiri Cabang Tondano dan Ketua LVRI Minahasa Letkol Purnawirawan Jouce Rumbai, serta Ketua Persit Kartika Candrakirana Kodim 1302.

Dandim saat membacakan amanat Panglima TNI Hadi Tjahjanto SIP, pertama-tama mengajak semua yang hadir agar sejenak kita memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, agar meringankan beban yang menimpa saudara-saudara sesama di Kota Palu, Kabupaten Donggala, Sigi dan Parigi Moutong Sulawesi Tengah, juga di Lombok.

“Semoga kekuatan dan ketabahan menyertai saudara-saudara kita dalam upaya memulihkan kembali kondisi sebagaimana sedia kala, dan semoga pula apa yang telah kita lakukan bersama, baik dalam bentuk bantuan secara fisik maupun dukungan doa, dapat meringankan musibah dan dapat mempercepat upaya pemulihan tersebut,” kata Purnama.

Lanjut dikatakannya, TNI bersama-sama berbagai komponen bangsa lainnya, telah bekerja bahu-membahu. TNI berupaya sekuat tenaga untuk meringankan beban yang diderita saudara-saudara yang terkena dampak bencana. Dikatakannya lagi, TNI telah mengarahkan Alutstista untuk memberikan pertolongan pertama, melaksanakan evakuasi, menyalurkan bantuan, memberikan pengamanan, serta memulihkan sarana dan prasarana secara bertahap.

“Ada beberapa penekanan dari Panglima TNI yakni pertama, perkokoh Iman dan Takwa kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta luaskan hati untuk terus beribadah, karena hanya kepada-Nya lah kita berserah diri dan mendapatkan kekuatan. Kedua, pertahankan dan tingkatkan soliditas TNI serta Kemanunggalan TNI dengan Rakyat, agar kita selalu menjadi pemersatu dan perekat bangsa,” tukasnya.

“Ketiga, tingkatkan kewaspadaan dan profesionalisme, karena setiap saat tugas selalu menanti, menghadapi berbagai macam tantangan tugas yang dilimpahkan kepada TNI. Keempat, nantapkan netralitas TNI baik sebagai individu maupun Satuan, dalam pelaksanaan Pemilu tahun 2019, janganlah terpancing emosi dan upaya-upaya melibatkan diri dalam mendukung kelompok tertentu selama pentahapan Pemilu. Yang kelima, jalanilah setiap tugas secara ikhlas, karena tugas kita adalah semata-mata untuk kepentingan Bangsa dan Negara tercinta ini,” ujarnya sembari mengucapkan selamat HUT TNI ke-73.

Usai upacara, seluruh jajaran TNI Kodim 1302 Minahasa dan undangan lainnya seperti Satuan Polisi Pamong Praja Minahasa, personil Dinas Perhubungan Minahasa, personil Polres Minahasa yang hadir, melanjutkan dengan resepsi bersama, dimana Wakil Bupati Robby Dondokambey juga membawakan sambutan mewakili Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi, sebelum ramah tamah.

Dondokambey mengucapkan selamat HUT TNI ke-73, dan juga memberi apresiasi kepada Dandim 1302 karena upacara HUT TNI boleh terlaksana dengan baik, kiranya akan tetap bersinergi dengan Pemerintah, semakin kokoh dan teguh.

“Harapan kami agar TNI bisa memberikan kontribusi dengan baik, khususnya bagi Kabupaten Minahasa, menjadikan Minahasa aman damai dan nyaman,” pungkasnya.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed