by

Walikota Caroll Senduk: STM Kamasi Satu Patut Jadi Percontohan

Tomohon – Sejak terbentuk beberapa bulan yang lalu, organisasi Saling Tolong Menolong (STM) Kelurahan Kamasi Satu, terus menonjolkan eksistensi kinerjanya membantu masyarakat.

Beragam program terus dijalankan, dalam upaya membantu masyarakat Kelurahan Kamasi Satu.

Selain program penghematan di acara duka, yang telah mulai diterapkan pada bulan Juli lalu, saat ini STM sementara mempersiapkan program menyentuh lainnya, diantaranya pengadaan dekorasi duka (paket tempat tidur jenazah dilengkapi lampu dan meja, kain tirai dan bunga)

“Pengadaan dekorasi duka kita rencanakan akan membuat tiga unit. Jika ini selesai tentu akan membantu mengurangi biaya pemakaman, bagi keluarga yang terkena duka,” ujar Ketua STM Kelurahan Kamasi Satu, Rooije Rumende.

Adapun program penghematan di acara duka yang sudah diterapkan dijelaskan Rumende yaitu khusus untuk makanan, setiap keluarga yang terkena duka wajib mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan bersama.

“Ketentuannya yaitu makanan yang disediakan hanya 7 macam, yaitu Nasi, Pangi, Pangi Bungkus, Kua Brenebon/Stof, Sayur Pepaya/Saut, Tinorangsat Bulu, serta Cakalang isi di bulu/goreng atau telor,” jelasnya.

Jika dalam penyediaan makanan sudah melebihi, misalnya ada buah, kue dan lain-lain, menurut Rumende keluarga akan terkena sanksi, yaitu uang kebersamaan yang dikumpul dari seluruh KK yang berdomisili di Kelurahan Kamasi Satu, tidak akan diberikan.

“Puji Syukur, selama program penghematan makanan ini diterapkan, tidak ada keluarga yang melanggar. Semuanya patuh dan taat terhadap keputusan bersama, dan kami mengapresiasi itu,” imbuhnya.

Sementara itu, Walikota Tomohon Caroll Senduk ikut mengapresiasi eksistensi organisasi STM Kelurahan Kamasi Satu dalam membantu masyarakat.

“Program STM ini sangat luar biasa, mudah-mudahan ini boleh di terapkan di Pemerintah Kota Tomohon, dan bisa jadi percontohan bagi kelurahan lainnya,” katanya saat menghadiri kegiatan perayaan HUT Kelurahan Kamasi Satu yang ke-15, Selasa (29/8/2023).

Adapun jajaran pengurus STM Kelurahan Kamasi Satu yaitu sebagai berikut :

Pembina : Lurah Kamasi Satu Yanny Tumewu SH
Ketua : Dr Rooije Rumende Mkes Msi Wakil Ketua : Aiptu Roger Tamuntuan SE
Sekretaris : Mayor TNI Robby Rengkung
Bendahara : Boy Mongi
Anggota : Marcel Mekel, Selvi Mooduto, Aldrin Ringkuangan, Fred Kalumata SE, David Kawilarang ST, Marini Mamuaya SPd, para Kepala dan Wakil Kepala Lingkungan.(***)

Comment

Leave a Reply

News Feed