by

Aktivis Dunia Serukan Stop Konsumsi Daging Anjing

Tomohon – Sejumlah Aktivis pencinta hewan mengunjungi Kota Tomohon dalam rangka mengkampanyekan penyelamatan hewan dalam hal ini Anjing dan Kucing. Koalisi Dog Meat Free Indonesia yang terdiri dari warga asing beberapa negara bertemu Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak diwakili Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold V Lolowang MSc, Jumat (01/03/2019) di Okoy Flower Garden.

Koalisi Dog Meat Free Indonesia yang terdiri dari enam organisasi baik lokal maupun Internasional yang mewakili jutaan pendukung di dunia dan beberapa mitra lain yang berkomitmen untuk menghentikan perdagangan daging anjing dan kucing di seluruh Indonesia dengan dasar kesehatan dan keselamatan masyarakat, ilegalitas dan kekejaman terhadap hewan.

Diketahui ada beberapa negara yeng terlibat dalam kegiatan ini yakni Inggris, Jerman, Italia dan Indonesia. Ada pula 6 organisasi ini antara lain Change For Animal Foundation dengan direktur Lola Webber, Fonderverein Animal Hope dab Wellness a.v dengan direktur Sebastian Margenfeld, Action Project Animal dengan direktur Davide Acito, Animal Friends Manado Indonesia Anne Parengkuan-Supit. Lola Webber, Sebastian Margenfeld, Davide Acito bersama Peter Egan yang adalah Selebrity Inggris yang adalah duta kampanye ini.

Selanjutnya pada Sabtu (02/03/2019) mereka mengunjungi Pasar Tomohon dan merekam aktivitas perdagang, mewawancarai Sekda Lolowang dan anggota masyarakat sekaligus mengharapkan pemerintah untuk menghentikan perdagangan daging anjing dan kucing untuk kesehatan dan keselamatan masyarakat.

Sekda Lolowang saat berdiskusi dan mendampingi tim mengatakan bahwa Pemerintah Tomohon telah dan sedang melakukan langkah-langkah strategis untuk mengurangi bahkan menghentikan konsumsi daging anjing dan kucing dalam masyarakat.

“Langkah-langkah ini dilakukan melalui sosialisasi, himbauan dan ajakan kepada masyarakat untuk mengurangi bahkan menghentikan konsumsi daging anjing dan kucing secara bertahap. Pemkot juga akan akan mengkoordinasikan dengan wilayah-wilayah asal daging ini yakni Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah dan Gorontalo untuk membuat cek point dalam distribusi daging ini. Sehingga mempersempit gerak para pedagang anjing untuk dibawa ke pasar Tomohon,” jelasnya.

Pemkot Tomohon pun akan mengoperasikan pos pengawasan hewan yang masuk ke pasar Tomohon.

“Pemkot akan memperketat masuknya daging anjing di pasar Tomohon melalui pemeriksaan bersama instansi terkait -Memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk tidak mengkonsumsi daging anjing dan kucing agar tidak terkena penyakit menular rabies,” tegas Lolowang.

Dia pun menghimbau kepada para pedagang daging anjing dan kucing untuk mengalihkan dagangan dari bedagang daging anjing dan kucing menjadi pedagang jenis lainnya.

“Dukungan dari setiap komponen masyarakat tentu sangat diharapkan untuk kesehatan dan keselamatan kita bersama,” tandasnya. (mar)

Comment

Leave a Reply

News Feed