by

Panwas Pilkada 7 Kabupaten/Kota Dilantik, Kansil : Jangan Diskriminatif

Manado – Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kepala Daerah di 7 Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara, Sabtu (26/04) dilantik oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulut Herwin Malonda. Wakil Gubernur Sulut, Djouhari Kansil hadir dan memberikan sambutan dalam acara yang diselenggarakan di ruang Mapaluse kantor gubernur Sulut.

Dalam sambutannya, Wagub Kansil mengingatkan Panwas yang baru dilantik agar dalam menjalankan tugasnya tidak bersikap diskriminatif.

“Kalian jangan sampai bersikap diskriminatif kepada setiap kandidak calon Bupati/Wakil Bupati maupun kandidat calon Walikota/Wakil Walikota, tetapi harus bersikap netral dan independen,” Kansil mewanti-wanti.

Lanjutnya, perlu dipahami bersama bahwa proses dan tahapan pemilukada sangat rentan terhadap konflik dan pelanggaran yang cenderung membawa akibat munculnya perilaku politik yang kontraproduktif terhadap nilai-nilaidemokrasi dan etika politik dalam pemilukada.

“Karena itu, panwas harus mampu menghadirkan keindahan akan berdemokrasi dengan berpolitik secara santun, elegan dan bermartabat, mampu memberikan pelajaran politik kepada masyarakat,” ingat Kansil lagi.

Adapun, Panwas 7 Kabupaten/Kota yang dilantik yaitu, Kota Manado, Bitung, dan Kota Tomohon sedangkan untuk Kabupaten yaitu Minut, Minsel, Bolsel dan Boltim. Pelantikan itu didasari Keputusan Ketua Bawaslu Sulut No. 15,16,17,18,19,20,21-Kep Tahun 2015 Tanggal 24 April 2015. Turut hadir para Pejabat dilingkungan Pemprov Sulut, Kepala BPKP Sulut, Kapolresta Manado Kombes Pol Sunarto serta tamu undangan lainnya.

Comment

Leave a Reply

News Feed