by

Pemkot Tomohon Latih Pemandu Wisata Alam

Tomohon – Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold V Lolowang MSc membuka kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata Alam yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Daerah Kota Tomohon di Wise Hotel Tomohon, Selasa (01/10/2019).

“Ketersediaan sarana dan prasarana penunjang kegiatan kepariwisataan seperti akomodasi pariwisata yang representatif (hotel, cottage dan homestay) dan infrastruktur yang menunjang aksesibilitas obyek wisata alam, budaya dan religi sebagai faktor pendorong pertumbuhan kegiatan kepariwisataan di kota bunga ini menjadi bukti concern dan komitmen pemerintah Kota Tomohon dalam kapasitasnya sebagai regulator yang menentukan arah kebjakan pembangunan Kota Tomohon yang terstruktur,” kata Lolowang saat membawakan sambutannya.

Sekda menegaskan saat ini semua bidang dapat diduplikasi namun ada satu bidang yang tak dapat diduplikasi yakni pariwisata, karena anda harus mengunjugi tempat tersebut untuk melihat dan menikmati tempat tersebut secara langsung, jadi tak bisa diduplikasi. Karena usaha dan kegiatan pariwisata dapat berlangsung seumur hidup. 

Kepala Dinas Pariwisata Daerah Kota Tomohon Masna Pijoh S.Sos membacakan laporan kegiatan. Peserta pelatihan 50 orang, peserta mendapatkan sertifikat pelatihan dan menjadi pemandu wisata pemula untuk nantinya bergabung dalam wadah Himpunan Pemandu Wisata Indonesia ( HPI ) Tomohon.

“HPI berkomitmen majukan pariwisata di Sulut dan Kota Tomohon khususnya,” kata Wakil ketua HPI Tomohon Djufry Rorong S Sos. 

Karena menurut Rorong, Tomohon menjadi tujuan utama untuk wisata pengamatan burung langkah yakni di seputaran gunung mahawu serta wisata gunung api dan wisata alam lainnya yang hanya dimiliki Tomohon.

Hadir sebagai narasumber adalah Merry Karowan, SE sebagai Ketua ASITA Sulut,  Ketua ASPPI Sulut Jefry Rompis, Roy Koleangan, BA SE sebagai Ketua HPI Sulut, Jotje Lala, BSc sebagai Ketua DPC HPI Tomohon.(mar)

Comment

Leave a Reply

News Feed