by

Walikota Buka Pelatihan Sensus Pertanian BPS Tomohon

-Uncategorized

Tomohon- Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tomohon menggelar Pelatihan Petugas Pencacah dan Kordinator Tim (Kortim) untuk persiapan Sensus Pertanian (ST) 2013. Kegiatan ini digelar di Aula Kawanua Cottage Walian I Tomohon Selatan, Selasa (09/04). 

Panitia pelaksana dalam laporannya mengatakan bahwa pelatihan dilaksanakan dalam dua gelombang. Gelombang pertama yakni dari kecamatan Tomohon Utara, Tomohon Barat, dan Tomohon Timur dilaksanakan pada tanggal 9 hingga 11 April 2013.

Sedangkan gelombang kedua yang diikuti oleh Kecamatan Tomohon Selatan dan Tomohon Tengah, akan dilaksanakan pada tanggal 16 hingga 18 April 2013, dengan instruktur sebanyak tiga orang masing-masing satu orang dari BPS Provinsi dan dua orang dari BPS Tomohon.

Sekretaris Kota Tomohon Dr Arnold Poli SH MAP yang membuka secara resmi kegiatan tersebut menyampaikan sambutan Walikota Jimmy F Eman SE Ak. Saat memberikan sambutan, Poli mengatakan bahwa sesuai dengan Undang-Undang RI. Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik, penyelenggaraan sensus pertanian dilakukan 10 Tahun sekali, dan ini sudah dilakukan sejak tahun 1963.

“Berarti, pada tahun 2013 ini akan melaksanakan sensus pertanian yang keenam kalinya. Cakupan sensus pertanian ini meliputi sub sektor tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, dan kehutanan,’’ katanya.

Walikota juga mengimbau kepada seluruh aparat pemerintah dari tingkat tertinggi hingga terendah se-Kota Tomohon agar membantu petugas sensus pertanian 2013 di Kota Tomohon.

Sementara itu Kepala BPS Kota Tomohon, Berhard R Igir SE, berharap kepada para petugas yang akan ikut pelatihan, nantinya dapat bekerja dengan penuh tanggung jawab karena tugas ini perlu adanya keseriusan.

Kepala BPS Provinsi Sulawesi Utara WS Dantes Simbolon MA juga berharap sensus ini bisa berjalan sukses.

Hadir sebagai peserta yakni perutusan dari setiap kelurahan se-Kota Tomohon yang berjumlah 73 orang, turut hadir juga Kadis Pertanian Provinsi Sulut Ir Yohanes Panelewen MSi, Kaban Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan Ir Jantje Ering, Camat Tomohon selatan Drs Robby Kalangi SH MM. 

Comment

Leave a Reply