BPKAD Minahasa Rakor Soal Penyusunan Standar Harga dan Biaya Pemerintah

Minahasa – Pemerintah Kabupaten Minahasa melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), gelar Rapat Koordinasi (Rakor) penyusunan standar satuan harga dan standar biaya masukan pemerintah tahun 2022, bertempat di Aula Benteng Moraya, Rabu (21/07).

Kepala BPKAD Joice Pua SE mengatakan Rakor penyusunan standar satuan harga dan standar biaya masukan pemerintah dilaksanakan, guna memberikan manfaat bagi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk memudahkan pekerjaannya dalam penyusunan anggaran.

“Lewat Rakor ini, tim anggaran pemerintah daerah mempermudah evaluasi anggaran yang telah diusulkan oleh masing-masing SKPD, tentu saja sesuai dengan standar satuan harga,”kata dia.

Menurut Pua, sangat penting dilakukan mengingat penyusunan anggaran di tahun-tahun sebelumnya mengalami kendala. Itu disebabkan harga satuan. Oleh karenanya, dalam penyusunan anggaran di tahun ini harus betul-betul terkoneksi dengan satuan harga yang tersedia.

“Guna menghindari kendala karena ketersediaan harga satuan yang belum terakomodir pada kebutuhan SKPD. Maka saya berharap partisipasi aktif semua perwakilan yang hadir agar mengikuti kegiatan ini dengan baik,”harapnya.

Selain itu, jika standar harga sudah tersusun lebih awal bisa saja perencanaan terhadap pagu anggaran sudah bisa disusun, sehingga tidak akan terjadi keterlambatan dalam pelaksanaan program kerja dilapangan.

“Standar harga yang dimaksud seperti pengadaan barang dan jasa, tentang perjalanan dan seluruh kegiatan-kegiatan yang ada di SKPD itu sendiri,” tandasnya.

Hadir dalam Rakor penyusunan standar satuan harga dan standar biaya masukan pemerintah masing-masing Sekertaris Badan/Dinas, Sekertaris Kecamatan bersama para Kasubag program dan keuangan serta Pengurus barang dan bidang aset BPKAD selaku pelaksana kegiatan.(***)

Leave a Reply