by

Brigjen TNI Mukhlis Fun Bike Bersama PJU Korem 131 Santiago

Manado – Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Mukhlis SAP MM, didampingi Kasrem 131/Santiago Kolonel Inf Hengki Yuda Setiawan dan PJU Korem 131/Santiago, Senin (16/05) pagi, melaksanakan Funk Bike disekitar  Kota Manado dan wilayah Kabupaten Minahasa Utara.

Dengan menggunakan sepeda Road Bike atau sepeda balap, Danrem bersama PJU Korem 131/Santiago mengambil titik start dari Markas Kodam XIII/Merdeka dan finish di Koramil 1310-06 /Airmadidi, Kelurahan  Sarongsong Satu, Kecamatan Airmadidi Kabupaten  Minahasa Utara.

Sebelum Funk Bike para peserta dilakukan pemeriksaan kesehatan dilanjutkan dengan senam pemanasan yang diikuti seluruh peserta gowes. Olahraga Fun Bike kali ini menempuh jarak kurang lebih 26 Kilometer.

Dalam kegiatan tersebut  Danrem 131/Santiago dan  para  peserta Gowes tampak semangat menikmati suasana  keindahan alam sepanjang route yang dilalui disaat pagi hari.

Tak jarang, orang nomor satu  di Korem 131/Santiago sambil mengayu sepeda, ia juga sambil menyapa masyarakat yang ditemui disepanjang route dilaluinya.

Setelah tiba di Markas Koramil 1310-06/Airmadidi sebagai titik Finish, Brigjen Mukhlis saat ditemui   mengatakan bahwa, kegiatan bersepeda seperti ini sangat besar manfaatnya untuk kesehatan tubuh  kita dan hal ini juga sebagai salah satu upaya menjaga ketahanan  fisik atau kebugaran tubuh serta menjaga Imunitas.

Ketika bersepeda, kita akan mengayuh pedal,  berusaha agar tetap seimbang dan tidak jatuh. Hal ini sangat  bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot. Otot-otot lengan dan kaki kita  dipaksa untuk terus bergerak mengikuti irama kaki. Selain bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot, bersepeda secara rutin juga bisa melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh. “Ujar Mukhlis”

Selanjutnya Danrem mengatakan bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik saja,  tapi bersepeda pun memiliki manfaat bagi kesehatan mental, salah satunya menurunkan risiko depresi. Bersepeda secara rutin membuat tubuh mengeluarkan hormon dopamin yang memicu rasa bahagia, menurunkan perasaan stres, depresi, dan gangguan kecemasan lain.

Oleh karena itu  saya  berharap dan mengajak agar kita semua dapat melakukan olahraga sepeda, karena olahraga sepeda seperti ini tidak memandang  strata kehidupan, semua masyarakat bisa melakukanya, namun tentunya kegiatan seperti  inipun harus didasari dengan kemauan dan kesadaran pribadi masing masing. ” Pungkas Mukhlis”

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kolonel Chb Frans Lumingkewas S. Sos., (Kahubdam XIII/Mdk), Kolonel Inf Bram Pramudia, SE., (Kasi Intel Kasrem 131/Stg),  Kolonel Arm Suntikno S,pd., (Kasi Pers Kasrem 131/Stg), Kolonel CZI Agung Isa Rahkman, S.H.,  (Kasi Log Kasrem 131/Stg), Kolonel Inf Aris Windarto,(Kasi Ops Kasrem 131/Stg), Kolonel Kav Danny Hermawan (Kasiter Kasrem 131/Stg), Kolonel Inf Daniel E.S Lalawi, S.I.P (Dandim 1309/Mdo), Letkol Inf Ircham Effendy,(Dandim 1302/Min), Letkol Arm. Yoki Efriandi Gumay, M. Han (Dandim 1310/Bitung), Letkol Ckm Dadang Hendayana.S.Psi.,(Dandenkesyah 13.04.01 Manado).(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed