by

Danrem 131/Santiago Silaturahmi ke RSUP Kandou, Tindak lanjut Penanganan Dua Bocah Kembar Siam

Manado – Komandan Korem 131/ Santiago, Brigjen TNI Mukhlis SAP MM, didampingi Kasi Intel Kasrem 131/Santiago Kolonel Inf Bram Pamudia SE, Kasi Pers Kasrem 131/Santiago Kolonel Arm Sutikno SPd dan Dandenkesyah 03.04.01 Manado, Letkol CKM Dadan Hendayana SPsi, melakukan silahturahmi ke RSUP Prof Kandou Manado, yang beralamat di Jl. Raya Tanawangko No.56, Malalayang Satu Barat, Kec. Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara, Kamis (31/03/2022)

Kedatangan Danrem 131/Santiago disambut langsung Direktur Utama RSUP Prof. Kandou Manado Dr. dr Jimmy Panelewen Sp B-KBD didampingi, Direktur Pelayanan Medik Keperawatan Dan Penunjang, Dr Jehezkiel Panjaitan SH Mars dan Jhon R Tuwaidan, selaku Koordinator Administrasi Umum, serta para tim medis RS Kandou Manado.

Kedatangan Danrem beserta rombongan kali ini, selain silaturahmi, juga sekaligus sebagai upaya tindak lanjut terkait penanganan dua bocah kembar siam Joana dan Jofelin, putri dari Sersan Dua Fredrik Lumowa -Sumakul, personel Kodim 1302/Minahasa, yang kondisinya sejak lahir saling menempel, mulai pada bagian dada sampai perut alias kembar siam, yang saat ini sudah berumur 2 tahun 2 bulan.

Dalam kesempatan tersebut Brigjen TNI Mukhlis memperkenalkan diri dan mengucapkan terima kasih serta apresiasi yang setinggi tingginya kepada Direktur Utama RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado Dr. dr Jimmy Panelewen beserta staf atas penyambutan terhadap dirinya dan sangat merespon dengan baik atas kehadirannya di RS Kandou.

Selanjutnya, Danrem 131/Santiago menyampaikan bahwa, dirinya selaku Komandan Korem 131/Santiago dan juga berperan sebagai orang tua dari para prajurit dibawa jajarannya, merasa prihatin serta empati yang mendalam melihat kondisi dua bocah kembar siam, anak kandung dari anggotanya tersebut.

“Jujur saya merasa terpanggil dan berusaha membantu kesulitan yang dialami oleh anggota kami beserta keluarganya, terkait kesehatan kedua putri anggota kami tersebut. Karena selain sebagai komandan, saya juga berperan sebagai orang tua dari seluruh prajurit yang ada,” ujar Danrem.

Danrem kemudian menjelaskan bahwa dirinya juga datang untul menindak lanjuti petunjuk dan arahan dari Kepala RSPAD Letjen TNI Dr A Budi Sulistya SP.THT-KL MARS.

“Saya pernah menghubungi beliau via telepon untuk berkonsultasi terkait upaya penanganan kesehatan dari dua bocah kembar siam tersebut, dan beliau menyampaikan bahwa untuk pelaksanaan tindakan operasi akan dilaksanakan di RS Kandou, bekerja sama dengan RSPAD. Sehingga, saat ini kami meluangkan waktu datang di RS Kandou dengan maksud untuk berkordinasi serta konsultasi dengan pihak Rumah Sakit, untuk rencana penanganan lebih lanjut,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama RSUP Prof Kandou Manado, Dr dr Jimmy Panelewen, menyambut baik kedatangan Danrem 131/Santiago beserta rombongan tersebut.

“Kami atas nama pihak RS Kandou mengucapkan terima kasih kepada Danrem 131/Santiago dan rombongan atas kunjungan ini, dan kami apresiasi atas kepedulian dan perhatian pak Danrem kepada prajurit serta keluarganya, yang sudah berinisiatif membantu kesulitan yang dialami oleh anggotanya, sehingga hal ini bisa menjadi contoh bagi pimpinan lainya,” ujarnya.

Selanjutnya, Dr dr Jimmy Panelewen memanggil Tim Dokter RUSP Kandou Manado dan memperkenalkan satu persatu kepada Danrem yang mana Tim Dokter tersebut, yang akan tergabung dalam rencana operasi pemisahan kedua anak kembar siam tersebut.

Dr Jimmy lalu menjelaskan secara singkat terkait upaya pemisahan/operasi dari kedua bocah kembar siam, yang intinya tim dokter masih akan melakukan observasi dan diagnosa secara mendalam dan teliti dalam upaya penangananya.

“Sehingga kita berharap saat melakukan tindakan operasi dapat terlaksana dengan baik, dan pihak RS Kandou sangat membantu dalam pelaksanaanya, tentunya dengan berkoordinasi pihak Rumah Sakit TNI Angkatan Darat,” pungkasnya.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed