by

Penuhi Kebutuhan Air Bersih, Danrem 131/Santiago Tinjau Pembuatan Pompa Hidram

Minut – Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Mukhlis SAP MM, tinjau pembuatan pompa Hidram di lapangan tembak Airmadidi di Kelurahan Airmadidi Atas, Kecamatan Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara, KamisĀ (19/05).

Pembangunan pompa air atas inisiatif TNI-AD ini dalam rangka memberikan solusi untuk mengatasi keterbatasan akses air bersih. Program penyediaan air bersih ini melalui pemasangan pompa hydraulic ram pump (hidram), sumur bor, serta penyaluran air secara gravitasi/nonlistrik.

Peninjauan ini dipimpin pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Alfred Denny Tuejeh. Selanjutnya personel Paldam XIII/Merdeka memaparkan simulasi cara kerja pompa hidram yang telah dibuat Paldam XIII/Merdeka dengan cara kerja yaitu sumber air dibendung kemudian dikumpulkan di bak retensi. Setelah itu, air dialirkan menggunakan energi kinetik dengan memanfaatkan sudut elevasi ke bawah untuk kemudian diterima Pompa Hidram. 

Pompa Hidram akan mendorong air ke atas untuk kemudian dimasukkan ke bak reservoir primer lalu ke reservoir sekunder untuk kemudian dialirkan ke rumah-rumah penduduk. Karena menggunakan energi kinetik, Pompa Hidram ini dapat dioperasikan tanpa listrik.

Saat ditemui awak media, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Mukhlis mengatakan, kedepan adanya pompa hidram ini akan bisa membantu petani masalah irigasi dan salah satu cara yang efektif dan efisien dalam menanggulangi permasalahan kekurangan air bersih di wilayah perdesaan.

“Dengan tidak lagi mengharapkan lahan tadah hujan, tapi dengan pompa hidram ini akan sangat membantu sekali nantinya untuk pertanian khususnya di pedesaan “kata Danrem 131/Santiago

Selain itu,lanjut Jenderal bintang satu ini mengatakan, dirinya sangat  bersyukur telah mengerjakan sesuatu, yang akan implementasikan langsung, seperti pembangunan pompa hidram ini, dengan tujuan untuk membantu masyarakat yang kekurangan air untuk kebutuhan sehari-harinya.

‘Program pompa hidram ini sebagai salah satu cara yang efektif dan efisien dalam menanggulangi permasalahan kekurangan air bersih di wilayah perdesaan” tambahnya

Kegiatan ini sekaligus dirangkaikan dengan kegiatan Apel Dansat Kodam XIII/Merdeka TA.2022, turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Kasdam XIII/Merdeka,  Irdam XIII/Merdeka,  Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka,  para Danrem, para Kabalak, para Dandim dan Para Komandan Batalyon.(*/fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed