by

Instruksi Bupati Keluar, Pembelajaran Tatap Muka di Minahasa Siap Dilaksanakan

Minahasa – Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa mulai mematangkan persiapan pembelajaran tatap muka (PTM) di tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah (SMP).

Kepala Dinas Pendidikan Minahasa Tommy Wuwungan SPd MM kepada Cybersulutnews.co.id, Selasa (26/10) siang mengatakan, PTM di Minahasa siap dilaksanakan menyusul keluarnya Instruksi Bupati Minahasa, Dr Ir Royke Octavian Roring MSi.

“Berdasakan keputusan empat Menteri yakni Menteri Pendidikan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Kesehatan, Menteri Dalam Negeri dan Menteri Agama, sesudah ada Instruksi Bupati maka harus ditindaklanjuti dengan kesiapan sekolah, baik kepala sekolah maupun pengajar, harus ada persetujuan komite sekolah dan surat ijin dari orang tua murid. Setelah semua terpenuhi, kata Wuwungan, sekolah baru mendapat ijin dari Dinas Pendidikan,” terang Wuwungan.

Lanjut kata Wuwungan, dalam waktu dekat akan dilakukan rapat koordinasi dengan Satgas COVID-19 Minahasa, yang dinamakan rapat koordinasi diperluas, dimana didalamnya ada Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Dinas Perdagangan, Dinas PPA, Satpol PP dan Camat se-Kabupaten Minahasa, kemudian TNI/Polri. Sehingga, kemungkinan besar pelaksanaan PTM bisa dilakukan awal bulan depan.

“Ini dimaksudkan agar semua komponen yang ada ini tau bahwa PTM sudah akan dilaksanakan. Dengan harapan, semua komponen ini saling menopang satu dengan yang lain agar PTM bisa berjalan baik. Peran OPD terkait ini sudah tertuang dalam Instruksi Bupati,” ujarnya.

Selanjutnya, Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan akan secara intens berkoordinasi, untuk memastikan protokol kesehatan di setiap sekolah yang nantinya melaksanakan PTM, dilaksanakan.

“Kami akan mengecek setiap sekolah apakah sudah sesuai protap atau belum. Bila sudah sesuai, maka secara bertahap akan diijinkan melaksanakan PTM. Bagi anak didik yang belum bisa menghadiri PTM karena berbagai halangan, tetap akan mengikuti pembelajaran melalui daring,” pungkasnya.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed