KPU Minahasa Gelar Bimtek Pungut Hitung dan Rekap Bagi PPK dan Sekretaris

Minahasa – Menjelang tanggal pencobolosan untuk pemilihan serentak Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sulawesi Utara, 9 Desember mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa, menggelar bimbingan teknis (Bimtek) Pungut Hitung dan Rekap, kepada seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Sekretaris, di 25 Kecamatan di Minahasa, Jumat (20/11), bertempat di aula BPU Tondano.

Ketua KPU Minahasa, Meidy Y Tinangon SSi MSi, kepada Cybersulutnews.co.id mengatakan, tujuan digelarnya Bimtek ini, KPU Minahasa bertekad mewujudkan Pilgub yang berintegritas 2015.

“Kita bertujuan menjadikan Pilgub Sulut 2015 ini berintegritas, sehingga bimtek pemungutan pengitungan dan rekapitulasi ini sangat penting bagi PPK yang berjumlah 125 anggota bersama 25 Sekretaris PPK,” ungkap Tinangon.
Dikatakan Tinangon, adapun materi yang disampaikan yakni mencakup teknis pemungutan dan penghitungan suara, rekapitulasi, persiapan logistik dan sistem penghitungan suara.

“Hal-hal yang mengemuka dalam Bimtek ini mencakup upaya-upaya dalam mewujudkan Pilgub yang berintegritas. KPU meminta PPK untuk mengingatkan kepada KPPS agar tidak melakukan praktek-praktek manipulasi suara saat pemungutan suara nanti,” tandasnya.

“Nantinya akan ada 1 eksemplar formulir C1 dan lampirannya yang akan langsung dikumpulkan hari itu juga ke KPU melalui PPK. Formulir ini akan discan, dikirimkan ke KPU RI dan akan diumumkan ke publik melalui website KPU. Hal ini dilakukan untuk mencegah permainan suara setelah proses di TPS selesai,” terang Tinangon.

Selain itu, ditambahkannya, KPPS juga wajib mengumumkan hasil di TPS setelah selesai penghitungan, kepada seluruh masyarakat setempat.

“Hal lainnya yang mengalami perubahan pada pemungutan suara nanti adalah, kotak suara tidak akan bermalam di PPS. PPS di hari itu juga wajib mengumpulkan langsung kotak suara ke PPK karena tidak ada rekapitulasi di PPS,” ujarnya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply