by

Buka Sosialisasi Bursa Inovasi Desa, Wabup RD: Kumtua Harus Punya Kemauan dan Etos Kerja

Minahasa – Wakil Bupati Kabupaten Minahasa Robby Dondokambey SSi (RD), mengimbau kepada seluruh Hukum Tua (Kumtua) dan Perangkat Desa yang ada di Kabupaten Minahasa, agar memiliki kemauan dan etos kerja yang tinggi dalam mensejahterahkan masyarakat di Desa.

Hal ini dikatakan Wabup RD, kala dirinya membuka kegiatan sosialisasi Bursa Inovasi Desa Kabupaten, Minahasa Tahun 2018, di Gedung Wale Ne Tou Tondano, Jumat 5 Oktober.

“Kemauan dan etos kerja yang tinggi pasti akan menghasilkan kesuksesan. Maka dari itu, Hukum Tua dan Perangkat Desa harus punya kemauan dan etos kerja, agar bisa mensejahterakan masyarakat di Desa,” kata RD kepada yang hadir ini.

Bupati RD juga mengatakan, Bursa Inovasi Desa merupakan program yang strategis di Desa. Untuk itu dikatakannya, program ini harus diselenggarakan dengan baik di masing-masing Desa, oleh Kumtua, Tim Pelaksana Inovasi Desa, maupun Pendamping Desa yang ada.

“Program ini diformulasikan sesuai dengan kebutuhan masing-masing Desa. Bantuan modal usaha yang diberikan agar dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh BUMDes, sebab hal ini akan ditinjau secara berjenjang oleh pemerintah. Diharapkan, semua yang terlibat dalam kegiatan ini dapat memberikan kontribusi, serta dapat mendukung program-program Pemkab Minahasa,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Minahasa Djefri Sumendap Sajow SH, dalam laporannya mengatakan, kegiatan Bursa Inovasi Desa merupakan program yang sangat bagus untuk diterapkan di Desa. Menurutnya, program dapat mampu meningkatkan perekonomian masyarakat bila dikelolah dengan baik.

“Bursa Inovasi Desa ini memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi dan sangat strategis guna mendongkrak perekonomian masyarakat di Desa. Sehingga, kami pun berharap program dapat diteruskan oleh masing-masing Hukum Tua,” pungkasnya.

Pada kesempatan ini pula, pemerintah menyerahkan Bantuan Permodalan Usaha kepada BUMDes (Badan Usaha Milik Desa, red), bagi 12 BUMDes, masing-masing Rp 50 Juta, yang bersumber dari dana APBN melalui DIPA Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Repoblik Indonesia.

Hadir juga dalam kegiatan ini, Sekretaris Daerah Minahasa Jeffry Robby Korengkeng SH MSi, Koordinator Provinsi KPW IV Sulut Murphy Kuhu SP, jajaran Pemkab Minahasa, para Camat dan tokoh masyarakat se-Kabupaten Minahasa.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed